Masa Pemulihan Setelah Pasang Gigi Implan

Masa pemulihan setelah pasang gigi implan sangat variatif, tergantung dari masing-masing kasus, mulai dari jumlah gigi yang dipasang implan, individu pasien hingga bagaimana pasien mengelola proses pemulihan.

Dalam pemasangan implan gigi yang sederhana yang tanpa pencangkokan (misalnya mengimplan ulang gigi yang gagal) bisa jadi ada sedikit ketidaknyamanan karena pembengkakan pasca operasi. Lakukan diet kecil untuk beberapa hari dan menyikat gigi dengan hati-hati di daerah yang terkena operasi.

Biasanya dalam banyak kasus, setelah operasi awal pemasangan implan, muncul pembengkakan kecil, ketidaknyamanan ringan dan kadang memar yang berlangsung selama beberapa hari. Namun ini bisa disikapi dengan obat-obatan serta manajemen paska operasi dari masing-masing dokter gigi yang memberikan resep. Disarankan untuk tetap melakukan diet lunak hingga 6 minggu paska pemasangan gigi implan.

Masa pemulihan juga sangat bergantung dengan gaya hidup pasien. Bila Anda adalah seorang perokok, maka dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan berhenti selama masa pemulihan gigi. Merokok bisa memperlama waktu pemulihan bahkan berpotensi mengganggu proses pemulihan bila mengenai okulasi.

Setelah proses penyembuhan awal berhenti maka implan akan terus berintegrasi dengan tulang. Proses penyatuan antara gigi implan dengan tulang akan terus berlanjut selama (lebih kurang) 2-6 bulan. Hal ini bergantung dari masing-masing kasus pasien dan kualitas tulang pasien.

Selain itu, rutin untuk melakukan check up ke klinik atau dokter gigi akan sangat membantu. Sehingga pemulihan bisa berjalan sesuai rencana. Silahkan hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut.

Senyum Ceria 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *