Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Bulan puasa datang, dan di seputar masalah mulut akan muncul masalah-masalah yang seringkali membuat kita tidak nyaman untuk berinteraksi dengan banyak orang, yaitu bau mulut. Memang sih, siapa coba yang bisa nyaman dengan bau mulut bahkan tidak hanya di bulan puasa :D.

Ketika berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan saluran pencernaan akan berkurang tidak seperti hari-hari biasa sehingga mulut menjadi lebih kering. Oleh karenanya muncul halitosis atau bau mulut. Meski penyebab bau mulut tidak hanya karena berpuasa, bukan begitu? Benar, bau mulut juga bisa disebabkan karena gigi berlubang, radang gusi, karang gigi dan juga periodontis. Bahkan bau mulut juga bisa disebabkan karena penyakit dalam tubuh yang lainnya seperti liver, lambung, saluran pernafasan serta ginjal.

Untuk masalah bau mulut saat menjalankan puasa yang timbul, Anda tidak perlu risau. Ada beberapa tip sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut selama puasa;

1. Hindari rokok dan alkohol karena memiliki efek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis, apalagi alkohol memiliki sifat mengurangi produksi air liur sehingga akan memperparah bau mulut.

2. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkoang dan wortel. Boleh sesekali meminum teh hijau, karena teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

3. Konsumsi keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat. Karena dapat meningkatkan produksi air liur juga memperkuat email gigi dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

4. Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan meningkatkan produksi air liur.

5. Berikan asupan makanan probiotik seperti yogurt untuk menghambat bau mulu dan memelihara pencernaan.

6. Menggosok gigi dan lidah secara benar. Bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan dental flosh (benang gigi). Gunakan pasta gigi DR Rozi untuk mencegah bau mulut saat puasa ini.

7. Segera periksakan ke dokter gigi apabila masih merasakan bau mulut berlebihan. Mungkin saja Anda perlu melakukan pemeriksaan atau spa gigi yang rutin.

Selamat berpuasa dan tetap beraktifitas dengan nyaman dan berhasil mencegah bau mulut saat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *